Ads 468x60px

Apa sesuatu yang menurut anda menarik..? klik dibawah ini.

ikan cupang kawin

ikan cupang kawin                      Ikan cupang kawin akan membutuhkan perawatan yang lebih.Hal ini karena,indukan ikan cupang setelah kawin akan mengalami kelelahan.Biasanya yang sering terjadi adalah cideranya sebagian sirip.Ciri-ciri indukan cupang yang sudah siap untuk kawin adalah :

1.Untuk indukan jantan akan terdapat gelembung-gelembung dibagian permukaan airnya.Itu adalah sarang yang akan digunakan untuk meletakkan telur.

2.Untuk betina telur-telur yang sudah matang dan siap dibuahi akan terlihat dari perutnya.

Kemudian untuk mengawinkannya,
1.Masukkan indukan jantan kedalam toples berdiameter kurang lebih 60cm,tinggi 30 cm yang sudah diberi air .Diamkan sehari agar induk jantan beradaptasi.

2.Masukan indukan betina ke toples indukan jantan.Tetapi biarkan indukan betina masih dalam botol.istilahnya biar pejantan pendekatan dengan indukan betina.biarkan sampai pejantan menghasilkan gelembung-gelembung.kurang lebih selama sehari.

3.setelah itu baru lepaskan betina dari botol.diamakan agar ikan cupang kawin..

4.Setelah selesai kawin,akan terlihat telur-telur betina yang dirawat oleh pejantan.telurnya kecil-kecil.setelah proses bertelurnya selesai,maka indukan betina dipindahkan.karena bisa memakan telurnya sendiri.

5.kurang lebih 2 hari telur akan menetas.jangan lupa selama 2 hari perhatikan makanan indukan pejantan.Saat menetas,anak cupang atau bisa disebut dengan burayak masih mempunyai makanan.jika makanannya sudah habis,berikan burayak makanan kutu air.Jangan sampa wadah terkena guncangan terlalu keras.Karena burayak sedang belajar berenana.

6.Setelah sepuluh hari,kira-kira burayak sudah bisa diberi pakan cacing sutra,pindahkan burayak ketempat yang lebihluas untuk pembesaran dan pisahkan dari indukan jantan.hati-hati dalam memindahkannya.

Begitulah gambaran secara umum ikan cupang kawin.Jangan lupa hati-hati dalam meraawat burayaknya.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar